Sistem
Pemindah Tenaga mesin berfungsi untuk mengubah tenaga panas hasil
pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar menjadi tenaga gerak atau
tenaga mekanik.
Nah,
itulah yang akan kita pelajari dari bagian Utama Mesin tentang sistem
pemindah tenaganya. Umumnya bagian - bagian ini terdiri dari : Piston,
Ring Piston, Connecting Rod, Crankshaft, dan roda penerus.
Yu kita lihat Gambar di Bagian paling atas. Coba Pehatikan Baik-Baik , itu yang di kenal sebagai Piston / Torak. Terdiri dari :
- Top Ring (Ring 1) disebut sebagai Ring Kompresi.
- Second Ring (Ring 2) Disebut sebagai Ring Kompresi.
- Oil (4 Stroke) disebut sebagai Ring Oli, hanya dimiliki oleh kendaraan 4 Langkah.
- Piston Head ( Kepala Piston ).
- Top land ( Tempat dimana Ring Piston 1 ).
- Second Land ( Tempat dimana Ring Piston 2 ).
- Thrid Land ( Tempat dimana Ring Oli Berada ).
- Ring Grove ( Tempat menyimpan Ring Piston ).
- Piston Pin .
- Snap Ring ( Biasanya dikenal dengan Nama Clip Pin Piston ).
- Piston Bos ( Tempat Pin Piston Berada ).
- Pena Piston ( Piston Pin ).
- Batang Penggerak ( Connecting Rod ).
- King Piston ( Biasanya di sebut dengan Pin Connecting Rod bagian paling besar yang langsung bertemu dengan Crankshaft atau Poros Engkol ).
Sisa
nya yang lainnya, silahkan kalian lihat di gambarnya , karena namanya
sama dengan pada umumnya. jadi Kami tidak jelaskan kembali, Hehe ..
Piston
bekerja olak-balik didalam silinder membuat langkah isap, kompresi,
usaha, dan buang. Akan tetapi fungsi utama pada piston adalah menerima
tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dan diteruskan ke Crankshaft
melalui Connecting Rod.
Bagian
yang mengikat Pistondengan Connecting Rod adalah Piston Pin sedangkan
bagian bawah piston dihubungkan dengan poros engkol (Crankshaft). Jadi
gerak bolak-balik didalam silinder diteruskan oleh pin piston ke
Connecting Rod. Sedangkan Connecting Rod meneruskan ke Crankshaft untuk
dirubah menjadi gerak berputar. Sedangkan Crankshaft berfungsi untuk
menjaga agar piston tidak berhenti pada titik mati dan Crankshaft dapat
berputar terus-menerus dengan halus.
Untuk
menjaga agar tidak terjadi kebocoran antara piston dengan dinding
silinder dan untuk mencegah masuknya minyak pelumas kedalam ruang bakar
maka pada bagian atas piston dipasang 3 Cincin Piston, dua sebagai
cincin Kompresi dan 1 sebagai Cincin Oli (Minyak Pelumas).
Demikian
yang dapat HIRO ITO sampaikan, semoga bermanfaat untuk penjelasnya
Bagian utama mesin yang bekerja sebagai pemindah tenaga, selanjutnya
kita akan belajar lebih spesifik lagi Ke Piston/Torak.
Salam,
0 comments: