Dudukan
katup pada kepala silinder berbentuk cincin yang dipasang dengan teknik
tekan. Permukaan diasah dengan sudut sesuai sudut kepala katup yaitu 45
Derajat. Permukaan dudukan katup harus halus dan rapat sekali terhadap
katupnya, agar tidak terjadi kebocoran. Antara dudukan katup dan kepala
katup biasanya dilakukan Skuur / Skiir Klep (Valve Grinding) dengan
menggunakan amril pengasah untuk menghasilkan kerapatan.
Berikut adalah gambar Skuur / Skiir Klep.
Massa Kerja Katup ( Valve Timing )
saat membuka dan menutupnya katup yang berhubungan dengan posisi penggerak Piston.
Pada
saat ini mesin berputar dengan kecepatan tinggi, maka katup harus
membuka lebih cepat dan menutup lebih lambat. Ini untuk memberikan
kesempatan masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam Cylinder
Block sebanyak mungkin. Sebaliknya, katup Buang (Valve Ex) membuka
sebelum langkah usaha berakhir dan tetap terbuka sampai beberapa saat
setelah langkah isap dimulai.
Masa
Kerja katup dinyatakan dalam bentuk yang menunjukan besarnya sudut
perputaran Crankshaft berdasarkan kedudukan Piston pada TMA ( Titik Mati
Atas ) atau TMB ( Titik Mati Bawah ), sedangkan katup buang membuka 30
Derajat sebelum TMB ( Titik Mati Bawah ) dan menutup 25 Derajat setelah
TMA ( Titik Mati Atas ).
Demikianlah
, Informasi tentang Massa Kerja Katup , dari HIRO ITO, semoga
bermanfaat yah informasinya untuk kalian semua, mungkin ada gambar
tambahan siklus 4 tak , dengan Valve Timingnya, berikut gambarnya.
Salam,
0 comments: