Friday, May 27, 2016

Bagian Utama Mesin Motor ( Bak Mesin/Crankcase )

Biasanya sih dikenal dengan nama Bak Mesin atau Carter yaitu wadah minyak pelumas hanya saja lebih baik jika kalian menggukan kata-kata yang lebih baik lagi, ya, katakan saja Crankcase. Lalu Fungsinya bagaimana ? Sabar dulu yah.

Yu kita mulai sekarang, 
Sebenernya untuk Crankcase ini kalian akan menemukan banyak bahasa seperti yang ada di atas tadi di antaranya :
  • Bak Mesin
  • Carter
  • Wadah Minyak Pelumas
  • dan, Bak Engkol
Wow, banyak bukan ? hehe , nah itulah fungsinya kalian membaca , tujuan nya untuk mencari tahu apa sih dan bagaimana. Sekarang sudah tahu kan ? Alhamdulilah, Konstruksi pada Crankcase ini terdiri dari dua bagian yang keduanya dibaut dengan baut tanam. Agar tidak terjadi kebocoran maka keduanya dipasang Paking/Gasket. Crank case sebagai tempat pemasangan bagian - bagian mesin, antara lain :
  • Crankshaft
  • Transmisi
  • Kick Stater
  • Gear Shaft
Pada bagian bawah terdapat lubang pengeluaran minyak pelumas yang di tutup dengan baut Tap.







Apa saja yang ada disana ? yu cari tahu dan kenali mereka semua.

  • Left Crank case

Perhatikan Gambar di atas, Left Crankcase adalah dimana posisi kalian ketika kalian ingin bermain dengan Pedal Transmisi. ada yang tertinggal , selain yang di terangkan di atas ternyata kalian akan menemukan yang namanya Oil Pump.

`


Keterangan :
1. Pump Assy Oil.
2. Gasket, Pump oil Assy
3. Rotor Pump oil INNER
4. Rotor pump oil OUTER
5. Pivot, Oil Pump
6. Screen, Oil Pump
7. Screw sampai dengan 9.
  • Right Crankcase 
Nah, ini adalah posisi dimana kalian bermain dengan pedal Rem.

Jelas bukan perbedaan antara Crankcase kanan dan kirinya ? Alhamdulilah, yu sekarang cari tahu di sebelah kiri dan kanan nya terdapat sebuah cover, lalu isi nya apa.
  • Left Cover Crankcase



Nah, itu yang dinamakan Covernya, Setelah kalian menemukan Covernya, kalian akan bertemu dengan yang namanya, Isi dari Left Crankcase Cover ini, apa yah ? Yang pasti namanya Generator atau Magnet, atau Spull ataupun Rotor.


Keterangan :
1. Flywheel Component.
2. Stator Component.
3. Clamper A.C Generator Cord.
4. Washer
5. Bolt dan 6 Serta 8.
7. Nut

Setelah selesai Melepas Component dari Generator, kalian akan menemukan komponen selanjutnya yaitu starting.


Keterangan :
1. Plate, Oil Sparate
2. Chain Starting (Daido)
3. Chain Starting (Tsubakimoto)
4. Guide Stater Chain
5. Protector Stater Chain
6. Plate, Starting sprocket Setting
7. Outer, Starting Clutch
8. Spring, Starting Clutch Roller
9. Cap, Starting Clutch Roller Spring
10. Plate, Starting Clutch side
11. Circlip Internal
12. Bearing, Needle
13. dan 14 Roller
15. dan 16 Oil Seal
17. dan 18 O-ring
19. Screw
20. Bolt

Jelas ? Alhamdulilah, yu selanjutnya kenalkan Right Cover Crankcase berikut Isinya apa saja. Semangat yah Mengenal mereka, kami yakin kalian bisa kalau kalian bersemangat dan berniat untuk Bisa. Amin.
  • Right Cover Crankcase

Keterangan :
1. Cover, Right Cankcase
2. Gaset
3. Gauge, Oil Pump
4. Lever Component, Clutch
5. Plate
6. Boss
7. Roller
8. Bolt
9. dan 10 Washer
11. Pin
12. Oil Seal
13. dan 14 O-ring
15. Nut
16. E-Ring
17. sampai dengan 19 Bolt.
Nah, itulah Covernya di sebelah kanan , nanti setelah kalian melepas Component Cover di kanan ini kalian akan menemukan Component yang dinamakan Clutch (Kopling). Mau tahu Seperti apa ? Ini Gambarnya.
  •  Clutch Primer / One Way Clutch

  • Clutch Skunder

Cukup yah, kenal sampai di sana dulu, Kenapa ga disebutin Nama komponen nya di bagian Clutch Skunder atau Clutch Primer ? Karena, nanti kalian akan bertemu khusus di bagian Sistem Pemindah tenaga serta Fungsi nya.

Demikian yang dapat HIRO ITO sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua. AMIN, yang semangat belajarnya karena kami akan selalu berbagi dengan kalian semua.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: