Friday, May 27, 2016

Bagian Utama Mesin Motor (Cylinder Head)

Kalian wajib banget tahu dan kenal nama serta komponennya apa saja, jangan hanya tahu bisa naiknya saja, tapi harus bisa juga ketika di tanya kalian menjawab nya dengan luar biasa mudah nya, mudah - mudahkan dengan postingan HIRO ITO ini dapat membantu kalian semua untuk mempelajari Teknik sepedah motor ini dengan mudah, amin.

Mesin
Sepedah motor bebek 4 tak menggunakan mesin tipe 4 langkah OHC ( Over head Campshaft ), dan pendinginan udara satu silinder dengan kemiringan 80 derajat dari vertikal.



Ini merupakan mesin sepedah motor bebek 4 tak OHC dengan sudut kemiringan 80 derajat dari garis vertikal.

Baiklah, selanjutnya kita akan ulas isinya , mulai dari depan mesin yang biasa dikenal dengan nama Kepala Silinder atau Cylinder Head.Mesin sepedah motor bebek 4 tak OHC, yaitu dengan poros Kam terletak di kepala silinder. Ayo bongkar Isinya.


Gambar tersebut adalah Konstruksi dari Kepala Silinder (Cylinder Head) berikut dengan Nama komponennya,

Pada kepala silinder terdapat tutup kepala silinder (Cylinder Head Cover), tutup sisi Kepala silinder Kanan (Cover R Cylinder Head Said), tutup kepala silinder kiri (Cover, L Cylinder Head Said), saluran Hisap dan saluran buang dan juga sebagai tempat peralatan.
  1. Busi ( Spark Plug ).
  2. Katup Hisap dan Katup Buang ( Valve in dan Valve Ex ).
  3. Peralatan penggerak Katup.

Berikut nama Komponen yang ada pada Cylinder Head atau Kepala Silinder .
1. Cylinder Head


2. In Valve Guide ( Katup Hisap ) dan ex ( katup buang )



Pertanyaan Timbul , Katup In yang mana Katup Ex yang mana ?
  • Ukuran untuk In Besar diameter Kepalanya
  • Ukuran untuk Ex Kecil diameter Kepalanya.
Clear ? Alhamdulilah, lanjutkan lagi.
3. Gasket Assy atau Gasket Cylinder Head

4. Bolt ( Baut )



5.O ring


6. Cylinder Head Cover



7. Cap 





8. Mur




9. Washer


10. Spark Plug

11. L-cylinder head side cover




12. R-cylinder head side cover


13. Pipe In


14. Camshaft


15. Pelatuk/ Penumbuk
Nah, yang lainnya yang tidak di sebutkan lagi itu seperti Mur, Baut dan Washer tidak kami sebutkan kembali , di atas , karena cukup 1 saja. sebenernya ada 1 lagi seal , hanya saja untuk seal di bagian ruang pembakaran nya menempel pada Gasket jadi , kalau kalian mencari nya ada di Gasketnya.

Agar memudahkan dalam pemeriksaan dan perbaikan maka kepala silinder dipasang diatas silinder dengan menggunakan baut dan mur. Untuk menghindari kebocoran antara kepala silinder dengan silinder maka dipasang paking/Gasket. Kepala Silinder akan menjadi tinggi temperatur nya selama bekerja. Oleh karena itu, dibuat dari bahan paduan alumunium yang dapat membatasi pemuaian.

Nah, Demikian yang dapat HIRO ITO sampaikan untuk saat ini semoga bermanfaat untuk pelajaran hari ini Masih berbicara Bagian Cylinder Head yah Belum ke Materi Selanjutnya yaitu Cylindernya, tempat dimana Piston berada.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: