Friday, May 27, 2016

Bagian Utama Mesin Motor ( Cylinder Block )

Hmmmm, setelah kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan Cylinder head atau kepala silinder yang letaknya ada di depan, maka sekarang kalian bersiap untuk mengetahui bagian yang ada di bawah nya atau di belakangnya atau selanjutnya setelah cylinder head, yaitu Block Cylinder atau Silinder Block. 

Ayo Kenalkan Komponen Utama Mesin ini.
Silinder adalah sebagai tempat pembakaran campuran udara dan bahan bakar untuk mendapatkan tekanan dan temperatur yang tinggi. Sedangkan didalam silinder terdapat Piston yang bergerak naik turun untuk melakukan proses kerjanya. Pada sisi sebelah kirinya kalian akan menemukan wilayah atau tempatnya rantai mesin dan roller/tensioner.


Gambar itu lah yang dinamakan Cylinder Block, tempat dimana nanti piston bekerja naik turun.

Yu cari tahu isinya apa saja sih.

1. Roller


2. Gasket


3. Piston


4. Dan isi Komponen Piston


Nah, kalian tentunya sudah tahu bahwa silinder blok ini dipasang diatas bak mesin dan di baut menjadi satu dengan kepala silinder dan tutup silinder. Agar tidak terjadinya kecoboran antara komponen satu dengan yang lainnya di pasang lah Paking / Gasket.

Untuk dapat memperoleh tenaga motor sebesar mungkin maka diusahakan tidak ada kebocoran gas yang di bakar. Gesekan antara Piston dan Silinder yang menyebabkan keausan diusahakan sekecil mungkin. Karena itulah, silinder dibuat dari bahan logam alumunium paduan yang dibagian dalamnya dipasang tabung dari bahan baja.

Pada sepedah motor bebek 4 tak menggunakan pendinginan udara maka pada bagian luar silinder terdapat sirip-sirip untuk mempertinggi efisiensi pendinginan.

Demikian lah yang dapat HIRO ITO sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua pembahasan tentang Cylinder Block atau Silinder atau Silinder Blok, Terima kasih,

Salam,
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: