Wednesday, June 1, 2016

Sistem Pemindah Tenaga ( Transmisi )

Sepedah Motor memerlukan mesin yang dapat menghasilkan momen yang tinggi ketika waktu start dan waktu jalan mendaki. Sebaliknya, pada jalan yang rata tidak memerlukan momen yang besar dan sepedah motor dapat mencapai kecepatan yang tinggi. Lebih - lebih pada jalan yang turun, kecepatan sepedah motor dapat lebih tinggi karena terdapat dorongan dari gaya berat kendaraan.

Kerja mesin harus menghasilkan tenaga sesuai dengan keadaan jalan. Agar kecepatan sepedah motor dapat sesuai dengan keadaan jalan maka diperlukan tingkatan perbandingan putaran mesin dengan perputaran roda belakang yang berlainan sesuai dengan tingkat kecepatan. Alat untuk mengatur perubahan perbandingan putaran mesin dengan perputaran roda belakang adalah transmisi ( versneling ).





Pada sepedah motor bebek 4 tak biasanya mempunyai transmisi 4 kecepatan yang tersusun dari 2 Poros yaitu Poros Utama ( Main shaft ) dan Poros Lawan ( Counter Shaft ), Poros Utama dihubungkan dengan pusat kopling sedangkan poros lawan bahwa pada ujung sebelah kiri dipasang sprocket ( Roda Gigi ).

Poros Utama ( Main Shaft ) terdapat susunan roda Gigi M1, Roda Gigi M2, Roda Gigi M3, dan Roda Gigi M4. Sedangkan Poros Lawan ( Counter shaft ) terdapat susunan roda gigi C1, roda gigi C2, roda gigi C3, roda gigi C4. Setiap set roda gigi pada transmisi mempunyai perbandingan putaran tertentu. Dengan memakai Set roda gigi secara bergantian dapat diperoleh tingkat perbandingan putaran yang berlainan sesuai dengan kebutuhan kecepatan sepedah motor.


Jenis - Jenis Roda Gigi Transmisi

1. Roda gigi Geser ( Sliding Gears )
Roda gigi ini terikat oleh spie-spie pada porosnya sehingga akan ikut berputar dengan perputaran porosnya. Selain itu, Posisi dapat bergeser mengikuti spie. Roda gigi geser ini meliputi : Roda gigi M3, Roda Gigi C2, dan Roda Gigi C4.

2. Roda Gigi Tetap ( Fixed Gears )
Roda gigi ini letaknya mati pada porosnya sehingga akan ikut berputar mengikuti putaran poros. Roda gigi tetap ini adalah M1.

3. Roda gigi bebas ( Idling Gears )
Roda gigi ini dapat berputar bebas pada porosnya tetapi letaknya tetap dan tidak dapat digeser-geser sepanjang porosnya. Roda gigi bebas meliputi, Roda gigi M2, Roda gigi M4, Roda gigi C1, dan Roda gigi C3.

Pada Kombinasi roda gigi - Roda gigi, perbandingan roda gigi-roda gigi dimulai dengan . Perbandingan yang terbesar dan disebut dengan rendah ( Low ). Sedangkan Perbandingan roda gigi-roda gigi dimana perputaran mesin sama dengan perputaran poros lawan disebut putaran tinggi (top). Tapi, Jika perbandingannya kurang dari satu dan apabila putaran poros lawan lebih cepat dari putaran mesin disebut " Over Drive".

Setiap roda gigi pada poros utama selalu berhubungan dengan roda gigi pasangannya pada poros lawan sehingga transmisi pada sepedah motor juga disebut " Constant Mesh Transmition " Selalu terkait.

Pada sisi gigi geser dan gigi bebas terdapat tonjolan - tonjolan penghubung (dogs) yang letaknya berpasangan dengan tonjolan-tonjolan penghubung pada roda gigi disebelahnya. Cara mengoper transmisi jenis ini adalah dengan menggeserkan roda gigi disebelahnya. Cara mengoper transmisi jenis ini adalah dengan menggeserkan roda gigi geser secara bergantian. Sampai salah satu menggabungkan diri dengan roda gigi disebelahnya melalui tonjolan - tonjolan penghubung.

Cara Kerja sistem Transmisi

Posisi Netral
Handel Transmisi belum di injak, roda gigi transmisi semua masih dalam keadaan bebas maka putaran poros utama tidak dapat diteruskan ke poros lawan.

Kecepatan 1
Handel transmisi pada bagian depan di injak, satu kali maka roda gigi geser C2 didorong mengikuti arah panah sampai tonjolan - tonjolan penghubungnya masuk kedalam lubang-lubang didalam roda gigi bebas C1. Aliran Perputaran dari Poros Utama ke roda gigi tetap M1, ke roda gigi bebas C1, ke roda gigi geser C2, dan keporos lawan terus ke roda gigi " Sprocket".


Kecepatan 2
Handel pada gigi Transmisi di injak sebanyak 2 Kali, maka roda gigi geser C2 dilepaskan dari roda gigi bebas C1. Roda gigi geser M3 didorong mengikuti arah panah sampai bergabung dengan roda gigi bebas M2. Aliran perputaran dari poros utama ke roda gigi geser M3, Ke roda gigi bebas M2, ke roda gigi geser C2, terus ke poros lawan terus ke roda gigi " Sprocket ".


Kecepatan 3
Handel pada gigi Transmisi diinjak sebanyak 3 Kali, maka roda gigi geser M3 dilepaskan dari roda gigi M2. Roda gigi geser C2 didorong mengikuti arah panah dan bergabung dengan roda gigi bebas C3. Aliran perputaran dari poros utama ( Main Shaft ) ke roda gigi M3, ke Roda gigi bebas C3, Ke roda gigi geser C2, dan Keporos lawan terus ke roda gigi " Sprocket ".

Kecepatan 4
Handel pada Transmisi di injak sebanyak 4 kali, maka roda gigi Geser C2 dilepaskan dari roda gigi bebas C3. Roda gigi geser M3 didorong mengikuti arah panah sampai bergabung dengan roda gigi bebas M4. Aliran perputaran dari poros lawan ke roda gigi geser M3, ke roda gigi bebas M4, ke roda gigi geser C4, ke poros lawan terus ke roda gigi " Sprocket ".


Menetralkan 
Handel pada Transmisi bagian belakang di injak ke bawah sampai 4 kali maka roda gigi geser M3 dilepaskan dari roda gigi bebas C1. Semua roda gigi dalam keadaan bebas maka peputaran poros utama tidak dapat diteruskan ke poros lawan. Posisi roda - roda gigi transmisi kembali netral.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: