Friday, May 27, 2016

Bagian Piston ( Cincin Piston )

Cincin piston dipasang pada piston di bagian alur yang disediakan oleh piston. Diameter luar cincin piston sedikit lebih besar dibandingkan dengan piston. Ketika dipasang pada piston karena cincin piston sifatnya elastis maka akan mengembang secara otomatis akan menutup dengan rapat pada dinding silinder. Cincin Piston terbuat dari baja tuang spesial sehingga dapat bertahan lama dan tidak merusak dinding silinder.

Jumlah yang dihadirkan pada bebek 4 tak , terdapat 3 tentu nya dengan 3 peran pula, yaitu :
  1. Mencegah kebocoran campuran udara dan bahan bakar dan gas pembakaran yang melalaui celah antara piston dengan dinding silinder kedalam Crankcase selama langkah kompresi dan Usaha.
  2. Mencegah minyak pelumas yang melumasi piston dan silinder masuk keruang pembakaran.
  3. Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan Piston.
Cincin piston biasanya ada 2 macam, yaitu Cincin Kompresi dan Cincin Minyak Pelumas.

Ayo ! lanjutkan lagi membacanya, karena kalian siap untuk mendapatkan ilmu yang lebih dari Cincin Piston ini.

Hal pertama adalah Cincin Kompresi 
Berfungsi sebagai pencegah kebocoran campuran udara dan bensin dan gas pembakaran dari ruang bakar ke Crankcase selama langkah Kompresi dan Usaha. Jumlah cincin Kompresi ada dua, yaitu Cincin atas yang disebut dengan (Top Compression Ring), dan Cincin Kedua yang disebut dengan (Second Compression Ring).

Tepi bagian bawah cincin kedua agak runcing dan bersentuhan dengan dinding silinder agar dapat menutup hubungan antara Piston dengan dinding Silinder. Selain itu, Berfungsi untuk mengikis minyak Pelumas pada dinding silinder secara efektif. Dalam pemasangannyaCincin Kompresi diurutkan sesuai dengan bentuk penampangnya.


Selanjutnya kalian akan belajar tentang Ring Oli atau Cincin Minyak Pelumas.
Cincin Minyak pelumas berfungsi untuk membentuk lapisan minyak pelumas (oil film) antara Piston dengan dinding silinder. Selain itu juga untuk mengikis kelebihan minyak pelumas sehingga dapat mencegah masuknya minyak pelumas ke ruang bakar. Cincin minyak pelumas disebut dengan cincin ke tiga.

Cincin minyak Pelumas pada sepedah motor bebek 4 tak menggunakan tipe Three Piece atau 3 bagian bagian atas namanya "Side rail yang fungsinya untuk mengikis kelebihan minyak pelumas dan "Spaeer" yang mendorong "Side rail" dan menekan pada dinding silinder.

dan lihat yah Gambar nya di sana adalah cara penempatan Celah ujung Cincin Piston.
Agar tidak terjadi kebocoran melalui celah ujung cincin piston maka dalam pemasangannya antara celah ujung cincin piston yang satu dengan yang lainnya bersudut 120 Derajat. dan akan ada tanda  " T " yang harus kalian pasang menghadap keatas.

Demikian yang dapat HIRO ITO sampaikan, materinya tentang Cincin Piston, dan Kalian setelah ini akan mempelajari tentang bagian Piston yang Lainnya. Jadi tetap semangat yah untuk menggali ilmunya.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: