Friday, May 27, 2016

Logam Ferro/Besi

Logam ferro juga disebut besi karbon atau baja karbon. Bahan dasarnya adalah unsur besi (Fe) dan karbon ( C) , tetapi sebenarnya juga mengandung unsur lain seperti : silisium, mangan, fosfor, belerang dan sebagainya yang kadarnya relatif rendah. Unsur-unsur dalam campuran itulah yang mempengaruhi sifat-sifat besi atau baja pada umumnya, tetapi unsur zat arang (karbon) yang paling besar pengaruhnya terhadap besi atau baja terutama kekerasannya.

Pembuatan besi atau baja dilakukan dengan mengolah bijih besi di dalam dapur tinggi yang akan menghasilkan besi kasar atau besi mentah. Besi kasar belum dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat benda jadi maupun setengah jadi, oleh karena itu, besi kasar itu masih harus diolah kembali di dalam dapur-dapur baja. Logam yang dihasilkan oleh dapur baja itulah yang dikatakan sebagai besi atau baja karbon, yaitu bahan untuk membuat benda jadi maupun setengah jadi.
contoh logam ferro diantaranya :

a. Besi Tuang
Komposisinya yaitu campuran besi dan karbon. Kadar karbon sekitar 4%, sifatnya rapuh tidak dapat ditempa, baik untuk dituang, liat dalam pemadatan, lemah dalam tegangan. Digunakan untuk membuat alas mesin, meja perata, badan ragum, bagian-bagian mesin bubut, blok silinder, dan cincin piston/torak.


b. Besi Tempa
Komposisi besi tempa terdiri dari 99% besi murni, sifat dapat ditempa, liat, dan tidak dapat dituang. Besi tempa antara lain dapat digunakan untuk membuat rantai jangkar, kait keran, dan landasan kerja pelat.



c. Baja Lunak
Komposisi campuran besi dan karbon, kadar karbon 0,1%-0,3%, mempunyai sifat dapat ditempa dan liat. Digunakan untuk membuat mur, sekrup, pipa, dan keperluan umum dalam pembangunan.

d. Baja Karbon Sedang
Komposisi campuran besi dan karbon, kadar karbon 0,4%-0,6%. Sifat lebih kenyal daripada yang keras. Digunakan untuk membuat benda kerja tempa berat, poros, dan rel baja.

e. Baja Karbon Tinggi
Komposisi campuran besi dan karbon, kadar karbon 0,7%-1,5%. Sifat dapat ditempa, dapat      disepuh keras, dan dimudakan. Digunakan untuk membuat kikir, pahat, gergaji, tap, stempel, dan alat mesin bubut.


f. Baja Karbon Tinggi dengan Campuran
Komposisi baja karbon tinggi ditambah nikel atau kobalt, khrom, atau tungsten. Sifat rapuh, tahan suhu tinggi tanpa kehilangan kekerasan, dapat disepuh keras, dan dimudakan. Digunakan untuk membuat mesin bubut dan alat-alat mesin.


Demikian Informasi yang dapat HIRO ITO sampaikan, semoga pembahasan tentang Logam Ferro dapat bermanfaat untuk kalian semua, khususnya kami. Kalian semangat maka kami akan semangat.

Salam,
banner
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Kepada Yth, :
    Bagian Import / Purchasing, Distributor & Suplier.
    Up. Mr/Ms Marketing import

    Hal : Penawaran Jasa

    Dengan Hormat,
    Dengan ini perkenankanlah kami PT.MULTI SAMUDERA INTERBUANA - Jasa yang kami ajukan sudah termasuk biaya Transfer EDI (PIB) dan Pemeriksaan Jalur Merah.
    - Bila barang tidak sesuai dengan pemberitahuan/ Packing list diluar tanggung jawab kami
    Operasional perusahaan kami service customs clearance Air freight dan sea freight Import :

    Adapun daerah operasional Kami sebagai berikut:
    - Bandara Internasional Soekarno-Hatta
    - Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
    - Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    - Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    - Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Service International :

    kami memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan antara lain :

    Fasilitas Undername yang kami sedia:
    - N P W P
    - A P I-U

    - S R P/N I K

    - N P I K

    - IT Elektronik

    - IZIN Sertifikat Postel

    - IT SPI-BESI/BAJA

    Besar harapan kami untuk terjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak /Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Thank's & Regards

    Mr.Firmansyah
    marketing strategy
    Whats App : +62 821 6509 0967

    PT. MULTI SAMUDERA INTERBUANA
    Jl. Raya Otista No 141 Jakarta Timur 13330 Indonesia
    Telp : 021 8197310
    Fax : 021 85918605
    Email : firman.cargo93@gmail.com

    ReplyDelete