Friday, May 27, 2016

Sistem Pemindah Tenaga ( Roda Gila / Roda Penerus / Flywheel )

Nah ini lah yang akan kita bahas terakhir dari sistem pemindah tenaga yang ada pada Bagian utama Mesin. dengan 3 bahasa yang dia miliki yaitu, Roda Gila / Roda Penerus / Flywheel. Mantap bukan tinggal kalian pilih saja mau bahasa mana yang digunakan, hanya saja mereka bilang biasanya dengan Nama Flywheel.

Dipasang diujung sebelah kiri sumbu utama poros Engkol ( Crankshaft ) yang berbentuk lurus dan diikat dengan pengunci.


Poros Engkol / Crankshaft menerima tenaga putar dari Piston selama langkah usaha. Akan tetapi tenaga itu dapat hilang pada langkah-langkah lainnya akibat adanya gesekan.

Flywheel dapat berfungsi sebagai magnet dan juga untuk menyimpan tenaga putar (inertia) selama proses langkah lainnya kecuali langkah usaha. Oleh karena itu, Crankshaft berputar secara terus menerus. Hal ini menyebabkan mesin dapat berputar dengan halus tanpa terjadinya getaran.

Flywheel dibuat dari baja tuang dengan mutu tinggi dan harus dibuat dengan teliti agar perputaran mesin dapat rata betul tanpa getaran. Selain itu, Flywheel juga berfungsi sebagai Rotor Generator.

Pada permukaan luar Flywheel terdapat dua Garis atau dua tanda yaitu , tanda " T " dan tanda  " F " yang artinya " T " di jelaskan sebagai TOP artinya Piston dalam Posisi TMA. sedangkan " F " itu adalah Fire artinya waktu pengapiannya tepat. 

Nah, itulah penjelasan untuk Flywheel yang HIRO ITO sampaikan untuk kalian, semoga bermanfaat dan berguna untuk kalian semua, karena kami yakin kalian semangat maka saya akan lebih semangat lagi. 

Salam,

Sumber
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: