Wednesday, June 1, 2016

Massa Kerja Katup

Dudukan katup pada kepala silinder berbentuk cincin yang dipasang dengan teknik tekan. Permukaan diasah dengan sudut sesuai sudut kepala katup yaitu 45 Derajat. Permukaan dudukan katup harus halus dan rapat sekali terhadap katupnya, agar tidak terjadi kebocoran. Antara dudukan katup dan kepala katup biasanya dilakukan Skuur / Skiir Klep (Valve Grinding) dengan menggunakan amril pengasah untuk menghasilkan kerapatan. 


Berikut adalah gambar Skuur / Skiir Klep.


Massa Kerja Katup ( Valve Timing )
saat membuka dan menutupnya katup yang berhubungan dengan posisi penggerak Piston.

Pada saat ini mesin berputar dengan kecepatan tinggi, maka katup harus membuka lebih cepat dan menutup lebih lambat. Ini untuk memberikan kesempatan masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam Cylinder Block sebanyak mungkin. Sebaliknya, katup Buang (Valve Ex) membuka sebelum langkah usaha berakhir dan tetap terbuka sampai beberapa saat setelah langkah isap dimulai.

Masa Kerja katup dinyatakan dalam bentuk yang menunjukan besarnya sudut perputaran Crankshaft berdasarkan kedudukan Piston pada TMA ( Titik Mati Atas ) atau TMB ( Titik Mati Bawah ), sedangkan katup buang membuka 30 Derajat sebelum TMB ( Titik Mati Bawah ) dan menutup 25 Derajat setelah TMA ( Titik Mati Atas ). 


Demikianlah , Informasi tentang Massa Kerja Katup , dari HIRO ITO, semoga bermanfaat yah informasinya untuk kalian semua, mungkin ada gambar tambahan siklus 4 tak , dengan Valve Timingnya, berikut gambarnya.

Salam,
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: