Wednesday, June 1, 2016

Sistem Bahan Bakar

Sistem Bahan Bakar merupakan bagian yang tidak kalah penting dari bagian - bagian yang lainnya, Nah, ada kelengkapan yang meliputi Sistem bahan Bakar, diantaranya.
  • Tangki Bensin,
  • Selang Bensin,
  • Saringan Bensin,
  • Kran Bensin,
  • Saringan Udara dan,
  • Karburator ( Pembahasannya di Selanjutnya khusus Karburator).

Bensin di tampung dalam tangki bensin kemudian dialirkan melalui selang bensin, saringan bensin, kran bensin menuju karburator.Bensin dalam karburator dicampur dengan udara yang sebelumnya disaring dengan saringan udara sehingga berbentuk gas. Gas campuran udara dan bahan bakar (Bensin) dimasukkan kedalam silinder pada langkah isap.

TANGKI BENSIN
Tangki Bensin (fuel tank) berfungsi untuk menyimpan atau menampung Bensin. Tangki Bensin dibuat dari pelat-pelat tipis. Pada bagian atas terdapat lubang untuk memasukkan bensin. Lubang tersebut dibuka dan ditutup dengan tutup Tangki Bensin.

Nah, disinilah agar tidak terjadinya tekanan Gas dalam Tangki Bensin maka dalam Tutup Tangki Bensin dilengkapi dengan lubang pernapasan sehingga tekanan didalam tangki selalu sama dengan tekanan udara luar. Tangki bensin pada sepedah motor bebek 4 tak dilengkapi dengan sensor elektronis yang berfungsi untuk mengetahui jumlah bensin di dalam tangki. Tangki bensin biasanya ditempatkan lebih tinggi dari karburator agar bensin dengan beratnya sendiri dapat mengalir ke karburator.

KRAN BENSIN
Kran bensin Konstruksinya menjadi satu dengan KARBURATOR. Pada Kran Bensin terdapat handel yang berfungsi untuk membuka dan menutup lubang keluaran bensin dari tangki bensin. Untuk mengeluarkan bensin dari tangki maka handel di geser tepat pada posisi " ON " , dan untuk menghentikan aliran bensin maka handel digeser pada posisi " OFF ". Apabila handel pada posisi " ON " kemudian bensin maka handel dapat digeser ke posisi " REST " sehingga bensin cadangan (Reserve)dapat digunakan.

Pada Kran bensin terdapat saringan yang berfungsi untuk menahan kotoran yang terkandung dalam bensin. Kotoran berat akan mengendap dibagian bawah dari saringan, Kemudian kotoran yang ringan akan menempel pada saringan . Jika , Rusak langsung ganti yang Baru.

SELANG DAN SARINGAN BENSIN
Selang dibuat dari karet kualitas nya tidak "Loyot" ketika terkena bensin dan tahan terhadap getaran. Dalam pemasangan selang, pada ujung - ujung selang dipasang klem agar bensin tidak bocor. Kemudian bensin dialirkan dari tangki melalui selang ke saringan bensin. Saringan bensin untuk menahan kotoran yang terkandung dalam bensin selanjutnya bensin dialirkan menuju Karburator.
SARINGAN BENSIN
Saringan Bensin, berfungsi untuk memisahkan kotoran dalam udara sehingga udara yang bercampur dengan bensin dan masuk kedalam silinder dengan bersih. Karena apabila udara kotor maka :
  1.  Saluran Karburator akan tersumbat , maka tidak akan lancar aliran bensin.
  2. Campuran antara Udara dan Bensin masuk kedalam Blok Silinder tidak bersih, secara terus menerus berlangsung akan menyebabkan kerusakan pada silinder dan proses pembakarannya pun tidak sempurna.

Demikianlah , Informasi yang dapat HIRO ITO sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua, 1 Lagi pembahasan dari Sistem Bahan Bakar yaitu Karburator.

Salam,
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: