Wednesday, December 13, 2017

Motor Pembakaran Didalam Menurut Cara Kerjanya

Awal mulanya penggerak utama pada suatu kendaraan yang memang menggunakan daya panas ialah mesin uap, Namun lama kelamaan banyak yang menggunakan motor bakar dalam dengan menggunakan bahan bakar Bensin atau BBM, oleh karena itulah penggunaannya mudah, aman dan konstruksinya sederhana serta memiliki tenaga yang besar. Sampai pada saat ini umumnya penggerak utama kendaraan menggunakan motor tipe ini yaitu Pembakaran di Dalam.
Pengertian dari pada ini ialah motor dimana pembakarannya terjadi di dalamruang tertutup dan mengubah tenaga tekanan expansi menjadi sebuah tenaga mekanik.

Motor 4 tak yang pertama kali di buat oleh seorang Jerman yang memiliki nama Lengkap ialah NICOLAUS AUGUST OTTO. Namun, motor bensin untuk kendaraan yang pertama kali di buat oleh Daimler di tahun 1885. Semenjak saat itu hingga saat ini, motor bensin di perbaiki dalam tujuan untuk memperkecil mempertinggi kemampuan, khususnya sistem pembersihan gas buang dan tindakan penghematan bahan bakar digunakan sistem baru saat ini.

Jenis motor bakar dalam antara lain ialah reciprocating engine (motor gerak bolak - balik), motor rotary, motor turbin gas.

Motor Torak Pembakaran dalam di bagi menurut Cara kerjanya, Pembakaran, Pengapian, Jenis Bahan Bakar, Cara Pemasukan bahan bakar.

Dikesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pembagian menurut cara kerjanya.

Pembagian Menurut Cara Kerja
  • Motor 4 Tak

Motor jenis ini merupakan motor yang memang bekerja dengan proses isap, kompresi, kerja dan buang terjadi dalam satu siklus. Pada tiap - tiap proses terjadi dalam satu kali langkah torak atau setengah putaran daripada poros engkol.

Artinya adalah untuk satu kali siklus motor 4 tak isap, kompresi, kerja, dan buang yang terjadi dalam 4 kali pergerakkan torak atau 2 kali putaran poros engkol.
  • Motor 2 Tak

Motor jenis ini merupakan motor yang memang bekerja dengan proses pembilasan, kompresi, kerja (pembakaran) dan pembuangan yang terjadi dalam satu waktu atau satu siklus. Proses pembilasan dan kompresi terjadi dalam satu kali langkah torak dan proses kerja serta pembuangan terjadi dalam satu kali langkah torak. Artinya adalah satu siklus pada motor 2 Tak (pembilasan, kompresi, kerja dan pembuangan) terjadi dalam 2 kali langkah torak atau satu kali putaran poros engkol.

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi yang kami share ini dapat bermanfaat khusus nya untuk kalian semua sebagai para pembaca.

banner
Previous Post
Next Post

0 comments: